Senin, 07 September 2015

Usaha Jamur Tiram

  JAMUR TIRAM YANG SEMAKIN DI BUDIDAYAKAN

Usaha Jamur Tiram
Jamur Tiram

Usaha jamur tiram yang semakin merambah di kalangan masyarakat. Banyak masyarakat dari berbagai golongan menyukai budidaya jamur tiram. Dan usaha untuk memetik laba dari usaha jamur tiram itu sendiri semakin membabi buta. Hampir di setiap wilayah banyak yang menjadikannya sebagai makan ringan atau rumahan. Pernah di adakan analisa bahwa banyak orang yang memakanya dengan cara di olah menjadi jamur krispi dan ada juga sebagai sayur untuk lauk makanan.

Bahkan pernah bertanya pada slah satu penjual jamur tiram ini, mereka membudidayakan sendiri jamur tersebut dan di jadikan jamur krispi serta di jual dengan patokan harga yang lumayan murah. Mereka mendapatkan bibit juga tidak terlalu sulit, karena sudah banyak di perdagangkan di pasar atau ada juga yang membelinya dari usaha seorang yang melakukan pembibitan di rumah mereka sendiri.

Sebenarnya jamur tiram ini bukan salah satu jamur yang bisa di makan atau di konsumsi namun, masih banyak jamur-jamur yang lain yang bisa di konsumsi seperti jamur kuping dan jamu-jamur lainya.
Joko Mbeling Blog
Tari Mesir

Usaha Jamur Tiram
Mesir

Untuk jamur tiram itu sendiri sudah ada kurang lebih 3500 tahun yang lalu, yang di kala itu sangat populer di daerah Mesir. Pada kala itu di mesir jamur tiram merupakan makanan yang sangat langka. Hanya ada pada menu makan raja atau menteri di masa itu.

Berbeda dengan sekarang di Indonesia sudah ratusan bahkan ribuan orang menanam atau membudidayakanya.

Kenapa banyak orang menanamnya? Hal itu karena kandungan yang ada di dalam jamur tiram itu bisa meningkatkan daya tahan tubuh kita. Tapi perlu di ketahui juga bahwa jamur tiram ini juga bisa membuat alergi dan asma bagi pemakanya. Namun juga banyak pakar-pakar kesehatan yang memulai pengembangan jamur tiram ini untuk di jadikan obat. Tapi tetap mengandung banyak gizi yang di butuhkan bagi tubuh kita.

Untuk usaha jamur tiram ini sngatlah mudah karena tidak harus mempunyai modal yang banyak dan juga tidak harus mempunyai lahan yang sangat luas atau bisa di mulai dari lahan yang kecil dulu. Baru jika usaha tersebut sudah maju bisa di buka dengan lahan yang luas yang bisa menampung banyak jamur tiram.

Kemudian untuk pemasaranya juga sangat mudah, tidak perlu juga keamanan yang tinggi serta keunggulan jamur ini adalah tidak mau tahu tentang musim atau kapanpun, musim apapun tetap bisa di budidayakan. Jika Anda berminat bisa mencoba menanamnya sendiri karena tidak memerlukan keahlian yang khusus.

Atau mungkin Anda ingin usaha jamur krispi yang banyak di jual di pinggir-pinggirjalan. Rasanya jangan di tanyakan lagi pastilah sangat lezat. Itu di karenakan banyak pilihan rasa untuk menikmati jamur tiram krispi ini. Tergantung pada pengolahanya sih memang. Namun saya pernah mencoba untuk mencoba untuk membuatnya tapi jadi tidak karuan karena belum bisa membuatnya seahli pembuat makanan yang lezat.

Usaha Jamur Tiram
Jamur Krispi

Yang perlu di perhatikan dalam pembuatan jamur krispi ini adalah:

-Pemilihan jamur tiram, jangan sampai memilih jamur tiram yang mau di jadikan krispi itu sudah layu karena bisa mengurangi rasa pada jamur tiram tersebut. Atau pilihlah yang sekiranya masih segar.

-Kemudian pilihlah tepung beras, hal itu di lakukan karena dengan tepung beras ini bisa menjadikan renyah.

-Dan juga jangan lupa untuk membrikan tepung maizena sebagai bisa mak kriyuk hehehe

-Juga campurkan telur untuk melekatkan tepung-tepung pada jamur maka rasanya akan semakin gurih

-Tidak lupa juga minyak gorengnya untuk memulai menggoreng

Untuk memulai membuatnya jangan lupa untuk mencuci jamur tiram tersebut, dan ulek bumbu-bumbunya untuk menciptakan rsa yang nikmat dan lezat. Setelah itu campurkan jamur tiram kedalam bumbu-bumbu itu. Setelah itu campurkan isi dalam telur dan juga tepung dan campurkan pula dengan jamur tiram tersebut. Kalau sudah merata pada jamur tiram mulailah menggorengnya. Setelah berubah warna atau paling enggak warnanya sudah mulai kekuningan, angkatlay jamur krispi dan tiriskan. Jadi deh jamur tiram krispi siap di hidangkan dan di nikamti.

Jika Anda berminat silahkan mencobanya atau mungkin bisa untuk di jadikan sebagai usaha sampingan Anda. Sekian dulu semoga bisa bermanfaat bagi Anda semua. Selamat mencoba!!!



0 komentar: